IKATAN KOVALEN RANGKAP II

Ikatan Kovalen adalah ikatan yang terjadi karena pemakaian pasangan elektron secara bersama oleh 2 atom yang berikatan. Ikatan kovalen terjadi akibat ketidakmampuan salah 1 atom yang akan berikatan untuk melepaskan elektron. Saat berikatan ,pasangan elektron yang digunakan bersama dapat lebih dari satu.oleh karena itu,ikatan yang terbentuk dapat berupa ikatan kovalen tunggal dan ikatan kovalen rangkap.
Ikatan Kovalen terjadi antara unsur non logam dan unsur  non logam yaitu ( gol IV A,VA,VIA,VII A serta H,Be,dan B)

●» pembentukan ikatan kovalen         

Bagaimana ikatan kovalen terjadi?

Untuk itu maka digunakan rumus titik elektron (struktur lewis). Rumus titik elektron (struktur lewis) merupakan tanda atom yang di sekelilingnya terdapat tanda titik, silang, atau bulatan kecil yang menggambar kan elektron valensi atom yang berikatan.


●»Contoh: atom H dan Cl
Atom H memiliki 1e- 
Sedangkan Cl memiliki 7e-
Oleh karena itu,untuk menjadi stabil atom H mengikat 1 e- Cl agar menjadi stabil(duplet) dan Cl mengikat 1e-  H agar menjadi stabil (oktet)
Berikut adalah struktur lewis :


Dan yang akan dibahas adalah ikatan kovalen rangkap II 
          Ikatan kovalen rangkap dua adalah ikatan kovalen yang terjadi karena penggunaan bersama dua pasang elektron. Ikatan yang terbentuk digambarkan menggunakan dua garis lurus. Misalnya molekul O2 dan CO2.
Contoh proses pembentukan : 
1.) Molekul O2
 ● Atom O = 2 6  untuk mencapai kestabilan atom O cenderung menangkap 2e. Jika atom O saling berikatan maka akan terjadi pemakaian elektron secara bersamaan dan akan menjadi oktet.

2. Senyawa CO2 



 ●Atom C  = 2 4 untuk mencapai kestabilan                   cenderung menangkap 4e sedangkan 
  ●Atom O = 2 6 cenderung menangkap 2e agar menjadi stabil.Untuk menjadi stabil maka kedua atom tersebut berikatan dan terbentuk lah ikatan kovalen rangkap II.
      Selain contoh diatas masih banyak lagi atom-atom yang berikatan yang akan membentuk ikatan kovalen rangkap II 

Dalam pembentukan ikatan kovalen,belum tentu semua elektron valensi digunakan untuk membentuk pasangan elektron bersama. Pasangan elektron yang digunakan bersama oleh dua atom yang berikatan di sebut PEI (pasangan elektron ikatan) sedangkan pasangan elektron yang tidak digunakan bersama oleh dua atom disebut PEB (pasangan elektron bebas).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perubahan Kimia Dalam Kehidupan