Perubahan Kimia Dalam Kehidupan


Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan suatu zat baru. Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari begitu banyak perubahan kimia yang ada di sekitar kita seperti pembakaran, perubahan warna, perkaratan, pembusukan dan lain-lain. setiap hal yang terjadi di dunia ini pasti memiliki faktor penyebab begitu juga perubahan kimia memiliki faktor-faktor penyebab seperti:

a.                   Suhu
Suhu memengaruhi peruban kimia. Makin tinggi suhu, perubahan kimia semakin cepat.
b.         Kelembaban
Kelembaban adalah banyak sedikitnya kandungan air pada benda. Kelembaban tinggi berarti berati kandungan air banyak. Kelembaban rendah berarti kandungan air sedikit.
c.         Ada tidaknya kuman
Tingkat perubahan benda juga dipengaruhi ada tidaknya kuman. Semakin banyak kuman yang ada pada benda semakin mempercepat proses perubahan pada benda itu.
d.         Waktu
Waktu juga memengaruhi tingkat perubahan benda. Semakin lama waktu suatu benda dibiarkan terbuka atau tidak di gunakan maka semakin cepat pula perubahan kimia tersebut.

Selain factor yang memengaruhi perubahan kimia juga memiliki cirri-ciri:
Ciri-ciri perubahan kimia, yaitu: mengalami perubahn warna, menghasilkan bau (gas), membentuk endapan, mengalami perubahan suhu, dapat menghasilkan zat baru, perkaratan, pembusukan,dan fermentasi.

kali ini saya akan memberikan salah satu contoh perubahan kimia yang ada dalam kehidupan sehari-hari :
  Perubahan Warna Pada Buah Apel

pada menit awal Daging buah terlihat masih putih segar dengan masih adanya kandungan air pada apel. 30 menit kemudian Daging buah mulai terlihat sedikit berubah kecoklatan dengan tampak air dalam apel mulai sedikit kecoklatan.

Percobaan
Pengamatan
Keterangan
Gambar
Sebelum
Sesudah
Buah apel
Perubahan warna yang  terjadi pada buah apel disebabkan oleh udara.
Buah apel yang di diamkan diudara terbuka akan mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan dan terlihat seperti busuk dan kandungan airnya pun
berkurang.



Nah,masih banyak lagi perubahan kimia yang ada di sekitar kita. Jika kalian ingin tahu kalian dapat mengunjungi blog teman saya yang lainnya. Jika kalian kurang mengerti, kalian dapat menanyakannya di kolom komentar Terima Kasih :)

Komentar

  1. The Best Slots by Pragmatic Play | Filmfile Europe
    The 꽁 머니 5000 Best Slots By sbc 먹튀 Pragmatic Play You may remember one of the popular slot 안전놀이터 넷마블 titles, 스포츠 토토 판매점 찾기 샤오 미 which has become one 먹튀썰전 of the most popular

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini